Dalam Waktu Dekat Bau Sampah di Kawasan Stadion GBT Dipastikan Hilang

Sabtu, 03 September 2022 – 14:21 WIB
Dalam Waktu Dekat Bau Sampah di Kawasan Stadion GBT Dipastikan Hilang - JPNN.com Jatim
Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Menjelang laga kualifikasi Piala AFC U-20 yang digelar pada tanggal 14-18 September mendatang, Pemkot Surabaya mengatasi sejumlah permasalahan.

Salah satu masalah yang harus diatasi, yaitu bau sampah yang ditimbulkan dari tempat pembuangan akhir (TPA) di Benowo. Pasalnya, letak GBT dekat dengan TPA.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro menjelaskan Pemkot Surabaya melakukan berbagai upaya untuk menghilangkan bau yang ditimbulkan.

Pertama, melakukan penyemprotan mikro organisme EM6. Mikroorganisme tersebut, bukan  merupakan zat kimia, melainkan organik.

"Jadi, EM6 ini bukan kimia, tetapi organik," kata Hebi, Sabtu (3/9).

Selain melakukan penyemprotan, pihaknya juga menggunakan geomembran untuk menutupi seluruh TPA. Hal ini dilakukan agar TPA tidak terlihat mencolok dan menimbulkan bau.

"Kemudian ada penutupan membran dan sekarang sudah 100 persen. Itu yang sudah kami lakukan," terang Agus Hebi.

Tak hanya itu, cara lain untuk menghilangkan bau dengan membangun buffer zone atau kawasan penyangga TPA Benowo. Bentuk buffer zone ini berkonsep seperti hutan yang mengelilingi TPA Benowo.

Pemkot Surabaya melakukan berbagai upaya untuk menghilangkan bau sampah di sekitar Stadion GBT untuk persiapan Piala AFC U-20.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News