Ratusan Buruh Lakukan Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, Singgung Soal Omnibus Law

Rabu, 31 Agustus 2022 – 23:23 WIB
Ratusan Buruh Lakukan Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, Singgung Soal Omnibus Law - JPNN.com Jatim
Buruh yang tergabung dalam FSPMI melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) di Jatim melakukan aksi demo di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (31/8).

Massa aksi telah berkumpul sejak pukul 12.00 WIB di Bundaran Waru dan melakukan aksi long march menuju Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Ketua DPW FSPMI Provinsi Jawa Timur Jazuli mengatakan tujuan melakukan aksi demonstrasi untuk menolak wacana kenaikan harga BBM.

“Kenaikan harga BBM akan mengakibatkan lonjakan inflasi yang diprediksi bisa tembus di angka 6,5 persen,” katanya.

Jazuli mengatakan lonjakan inflasi bisa berdampak ke pelemahan daya beli masyarakat, apalagi sudah tiga tahun berturut-turut buruh pabrik tidak naik upah minimumnya.

“Kenaikan harga BBM yang tidak diimbangi dengan kenaikan upah sampai 5 tahun mendatang karena UU No. 11/2020 tentang Cipta Kerja (Omnibus Law) akan membuat daya beli terpuruk anjlok hingga 50 persen lebih,” katanya.

Kenaikan harga BBM tentu berisiko terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran karena kenaikan harga barang-barang yang dipicu oleh tingginya harga BBM.

“Harga energi (BBM) yang naik akan membebani biaya produksi perusahaan. Tentu perusahaan akan melakukan efisiensi dengan mem-PHK buruh,” ucapnya.

Ratusan buruh lakukan aksi demonstrasi di depan Gedung Grahadi, ini tuntutan yang disampaikan
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News