PT SIER Jadi Jujukan Pemkab PPU Belajar Bangun Industri Ramah Lingkungan di IKN

Kamis, 11 Agustus 2022 – 21:12 WIB
PT SIER Jadi Jujukan Pemkab PPU Belajar Bangun Industri Ramah Lingkungan di IKN - JPNN.com Jatim
Jajaran Pemkab PPU saat belajar membuat kawasan industri di PT SIER yang rencananya dibangun di wilayah IKN. Foto: Dok. PT SIER.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Jajaran Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) berkunjung ke PT SIER dalam rangka belajar membuat, mengelola, dan mengembangkan kawasan industri pada Rabu (10/8).

Plt Bupati PPU Hamdam menilai perusahaan kawasan industri milik pemerintah yang berdiri sejak 1974 itu sudah modern dan berkembang pesat.

"SIER ini dimiliki oleh Pemprov Jatim, Pemkot Surabaya dan BUMN PT Danareksa, sudah sepatutnya kami sebagai Pemkab PPU belajar di sini," katanya.

Pemkab PPU belum memiliki kawasan industri, hanya ada industri kecil skala rumahan. Dengan ditetapkannya sebagian wilayah PPU sebagai Ibu Kota Negara (IKN) menjadi peluang besar mendirikan kawasan industri.

"Kami menyiapkan yang namanya peruntukan kawasan industri karena belum milik kami. Luasnya mencapai sembilan ribu hektare dan kami perluas menjadi 12 hektare," ujarnya.

Di wilayah yang dipimpinnya saat ini banyak memiliki potensi, seperti perkebunan, pertambangan, pertanian, dan minyak bumi. Namun, semuanya belum tergarap dengan maksimal dan PAD tidak sampai Rp 100 miliar.

"Dengan diputuskannya IKN di wilayah PPU, kami menyambut baik dan menyiapkan potensi yang ada, seperti membuat kawasan industri yang bisa memberikan nilai tambah bagi daerah," tuturnya.

Direktur Operasi PT SIER Didik Prasetiyono mengatakan pihaknya siap memberikan masukan agar di PPU berdiri kawasan industri.

Pemkab PPU belajar membangun kawasan industri ramah lingkungan ke PT SIER karena akan dijadikan sebagai wilayah IKN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News