Aktivis Agama Negara Serumpun Ajak Pemuda Lawan Radikalisme & Ekstremisme

Senin, 08 Agustus 2022 – 15:09 WIB
Aktivis Agama Negara Serumpun Ajak Pemuda Lawan Radikalisme & Ekstremisme - JPNN.com Jatim
Forum dialog lintas agama dan etnis yang digelar oleh Young Buddhist Association Indonesia secara daring. Foto: Dok Agung for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Young Buddhist Association Indonesia mengajak generasi muda melawan radikalisme dan ekstrimisme lewat forum dialog lintas agama dan etnis yang digelar secara daring di Surabaya, Minggu (7/8).

Kegiatan tersebut dihadiri pembicara berasal dari Indonesia dan Malaysia.

Mereka ialah aktivis kemanusiaan Wawan Gunawan, Bhiksu Bhante Dhirapunno, General Secretary Young Buddhist Association of Malaysia Eow Shiang Yen, dan Founder and Director Komuniti Muslim Universal Aizat Shamsuddin.

Koordinator acara dari Young Buddhist Association Indonesia Billy Lukito Joeswanto mengatakan acara dalam rangka bertukar pikiran muslim dan buddhis.

Menurutnya, dua paham tersebut menjadi krisis di kehidupan sosial saat ini.

"Apabila kami diam dan acuh tak acuh dalam melihat situasi krisis itu, maka oknum radikal dan ekstrim pemenangnya. Kami tidak membiarkan hal itu terjadi," ujarnya.

Salah satu pembicara di forum dialog Wawan Gunawan menyatakan radikalisme muncul dari seseorang menempuh kehidupan keagamaan.

Hal tersebut merupakan gejala yang terjadi di beberapa lapisan kehidupan dari sosial, individu, serta dari sisi keagamaan dan politik.

Young Buddhist Association Indonesia mengajak generasi muda lawan radikalisme dan ekstrimisme, lewat forum dialog lintas agama dan etnis
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News