Salut! Gang Sempit Kampung Mandar Disulap Jadi Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

Minggu, 07 Agustus 2022 – 18:32 WIB
Salut! Gang Sempit Kampung Mandar Disulap Jadi Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi - JPNN.com Jatim
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (berkerudung merah jambu) saat mengunjungi pusat oleh-oleh Gang Remaja, Kampung Mandar, Sabtu (6/7). Foto: laman Pemkab Banyuwangi.

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Wisatawan di Banyuwangi kini bisa menemukan oleh-oleh khas kabupaten berjuluk The Sunrise of Java tidak hanya di toko maupun pusat oleh-oleh saja.

Para pelancong juga bisa membeli buah tangan khas Banyuwangi dari salah satu gang sempit di kawasan Bumi Blambangan tersebut.

Jalan sempit yang dinamai Gang Remaja itu terletak di Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Kota Banyuwangi. Gang yang tak lebih dari dua meter itu dipenuhi dengan jajanan dan oleh-oleh khas Banyuwangi.

Sebanyak 25 pelaku industri kreatif dan UMKM menggelar lapak dagangannya di teras rumahnya. Berbagai macam oleh-oleh, seperti cemilan khas Banyuwangi, kopi, hingga olahan ikan pun ada.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Mandar Hilman Syah Anwar mengatakan ide awal membuat pusat oleh-oleh berbasis masyarakat itu bertujuan untuk memajukan perekonomian di wilayahnya.

"Ibu-ibu warga sini kalau pukul 01.00 sampai 06.00 berjualan ikan di Pasar Banyuwangi. Sore harinya dimanfaatkan untuk berjualan di rumah masing-masing hingga malam hari," ujar Hilman dikutip laman pemkab setempat, Minggu (7/8).

Bekerjasama dengan Asosiasi Kuliner, Kaos, Kerajinan, Aksesoris, dan Batik (AKRAB) Banyuwangi, Hilman mengaku sangat terbantukan.

Pasalnya, warga sekitar yang berjualan tidak perlu repot-repot lagi dalam membuat produk yang harus mereka jual.

Begini penampakan gang sempit di wilayah Kampung Mandar yang disulap menjadi pusat oleh-oleh khas Banyuwangi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News