Pemprov Jatim Capai Realisasi Pendapatan Tertinggi Nasional, Fraksi Gerindra Beri Apresiasi

Rabu, 03 Agustus 2022 – 16:46 WIB
Pemprov Jatim Capai Realisasi Pendapatan Tertinggi Nasional, Fraksi Gerindra Beri Apresiasi - JPNN.com Jatim
Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Muhammad Fawait. Foto: Dok. Pribadi Niam untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemprov Jatim menjadi salah satu pemda yang memiliki serapan realisasi pendapatan tertinggi secara nasional. Capaian tersebut mendapat apresiasi dari Fraksi Gerindra.

"Kami mengapresiasi gubernur dengan capaian realisasi pendapatan salah satu yang tertinggi secara nasional," kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Muhammad Fawait, Rabu (3/8).

Berdasarkan data laporan realisasi anggaran (LRA) per 30 Juli 2022 pada Dirjen Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, pendapatan Pemprov Jatim sebesar Rp 16,43 triliun dari target Rp 27,64 triliun atau sebesar 59,46 persen.

Dari data itu, Pemprov Jatim tercatat sebagai salah satu pemda dengan capaian realisasi tertinggi secara nasional. Hal itu menjawab tentang timbunan dana puluhan triliun yang dituduhkan.

"Kabar atau berita bahwa dana yang di Jatim mengendap besar sampai puluhan triliun, sepenuhnya tidak tepat karena milik pemprov hanya lima triliun, di mana empat triliun merupakan silpa dari tahun 2021 dan bisa digunakan ketika sudah ada pembahasan APBD 2022," ujarnya.

Gus Fawait sapaan akrab Muhammad Fawait itu menyadari endapan anggaran lumrah terjadi,

Menurut dia, sistem terbaru otonomi daerah, kabupaten/kota tak bisa melakukan intervensi langsung tentang pengelolaan anggaran, seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Dengan sistem otonomi daerah itu, mereka mempunyai kewenangan sehingga gubernur tidak bisa langsung melakukan intervensi seperti zaman dahulu," tuturnya.

Fraksi Gerindra mengepresasi raihan Pemprov Jatim atas realisasi pendapatan tertinggi tingkat nasional.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News