Warga Desa Aliyan Kesurupan Kerbau Diarak Keliling Kampung, Bupati Ipuk Ikut Menyaksikan

Senin, 01 Agustus 2022 – 12:12 WIB
Warga Desa Aliyan Kesurupan Kerbau Diarak Keliling Kampung, Bupati Ipuk Ikut Menyaksikan - JPNN.com Jatim
Ritual Keboan Aliyan Banyuwangi, Minggu (31/7/2022) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Warga Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi menggelar ritual adat Keboan Aliyan pada Minggu (31/7).

Para warga dan petani mengenakan atribut seperti binatang kerbau. Tak lama kemudian mereka kehilangan kesadaran dan berkeliling kampung.

Menurut kepercayaan desa setempat, mereka kerasukan roh leluhur. Para warga dan petani tersebut diarak menuju ke titik kumpul kantor desa yang berada di tengah kampung.

Mereka berjalan layaknya kerbau yang sedang membajak sawah. Bahkan berkubang, bergumul di lumpur, dan bergulung-gulung di sepanjang jalan yang dilewati.

Warga Desa Aliyan Kesurupan Kerbau Diarak Keliling Kampung, Bupati Ipuk Ikut Menyaksikan

Saat berjalan di pundak mereka juga terpasang peralatan membajak. Mereka mengikuti empat penjuru mata angin.

Saat berkeliling itulah mereka melakukan ritual layaknya siklus bercocok tanam, mulai dari membajak sawah, mengairi, hingga menabur benih padi.

Terdapat dua kelompok warga yang arak-arakan Keboan Aliyan. Dari sisi timur kantor desa berasal dari warga Dusun Krajan.

Warga Desa Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi menggelar ritual Keboan Aliyan untuk selamatan kampung dan berdoa agar hasil panen melimpah.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News