Sejarah Lokal Gresik Jadi Mata Pelajaran Baru di Kota Pudak, Mantap Seru!

Selasa, 29 Maret 2022 – 04:24 WIB
Sejarah Lokal Gresik Jadi Mata Pelajaran Baru di Kota Pudak, Mantap Seru! - JPNN.com Jatim
Bupati Gresik, H Fandi Akhmad Yani saat peluncuran program kurikulum baru di Gresik, Senin 28 Maret 2022. ANTARA/HO-Pemkab Gresik

jatim.jpnn.com, GRESIK - Para pelajar di Gresik dalam waktu dekat akan merasakan kurikulum baru yang dirancang oleh pemerintah kabupaten setempat.

Baru saja, Pemkab Gresik meluncurkan program kurikulum sejarah lokal.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menerangkan peluncuran program kurikulum baru itu dirangkai dengan beberapa mata pelajaran lainnya, seperti edukasi wisata, program tahfiz belajar, dan CSR bidang pendidikan.

"Empat kurikulum itu merupakan gagasan dan inovasi dinas pendidikan untuk membuat generasi muda mampu menjaga kearifan lokal dan budaya Islami Kabupaten Gresik," katanya

Gus Yani, sapaan bupati, menjelaskan dari sejarah, generasi muda bisa belajar tentang kejayaan dan kehancuran di masa lampau.

Dia mengungkapkan Kabupaten Gresik merupakan kota tua dengan budaya dan toleransi beragama sejak beberapa abad lalu.

“Adanya kurikulum sejarah lokal Gresik sangat penting untuk menjaga budaya dan melestarikan kearifan lokal sejarah yang ada di Gresik yang belum tentu dimiliki daerah lain di Indonesia," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik S. Hariyanto mengatakan setelah melakukan pemetaan, pihaknya juga telah menindaklanjuti problem sarana prasarana pendidikan yang terjadi di sekolah, salah satunya dengan meluncurkan program kurikulum baru.

Para pelajar di Gresik bakal memiliki mata pelajaran baru dalam waktu dekat, salah satunya, sejarah lokal.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News