Dampak Gunung Raung Erupsi, Jember dan Bondowoso Dilanda Hujan Abu

Kamis, 28 Juli 2022 – 13:31 WIB
Dampak Gunung Raung Erupsi, Jember dan Bondowoso Dilanda Hujan Abu - JPNN.com Jatim
dokumentasi--Pengendara melintas dengan latar belakang Gunung Raung yang mengeluarkan abu vulkanik di Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (14/2/2021). ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/wsj

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Gunung Raung yang terletak di antara Kabupaten Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso meletus pada Rabu (27/7) pukul 17.19 WIB.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung Mukijo mengatakan akibat kejadian itu, wilayah barat dan barat laut Jember serta Bondowoso dilanda hujan abu.

"Sampai pagi ini alhamdulillah masih relatif landai, status normal, dan aktivitas kegempaan Gunung Raung relatif normal didominasi tremor atau getaran. Setelah kejadian kemarin sore sampai sekarang tidak ada susulan," ujar Mukijo, Kamis (28/7).

Gunung api yang memiliki ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu terpantau meletus mulai pukul 17.19 hingga 17.28 WIB dengan empat kali letusan.

Mukijo menyebut letusan gunung tersebut ketinggiannya mencapai 1.500 meter. Dia tetap mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak panik.

"Kami imbau masyarakat tetap waspada, tapi tak perlu panik," katanya.

Mengenai dampak erupsi Gunung Raung ini, kata Mukijo, hujan abu terjadi di wilayah timur Kabupaten Jember dan Bondowoso.

"Kemarin kami menerima laporan hujan abu, tetapi pagi ini sudah tidak ada lagi laporan hujan abu dampak erupsi Gunung Raung," tuturnya. (antara/mcr12/jpnn)

Hujan abu melanda wilayah Jember dan Bondowoso akibat Gunung Raung erupsi.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News