Gunung Gumitir Longsor, Masyarakat yang Melintasi Jalur Jember-Banyuwangi Waspada

Rabu, 13 Juli 2022 – 15:16 WIB
Gunung Gumitir Longsor, Masyarakat yang Melintasi Jalur Jember-Banyuwangi Waspada - JPNN.com Jatim
Petugas membersihkan material longsor di kawasan Gunung Gumitir, Kabupaten Jember, Selasa (12/7/2022). (ANTARA/Video Jurnalis Hamka)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Jalur Jember-Banyuwangi mengalami kemacetan panjang akibat longsor di Gunung Gumitir akibat hujan sedang hingga lebat yang mengguyur selama 12 jam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember membersihkan dua titik longsor yang menutup separuh badan jalan di kawasan Gunung Gumitir yang merupakan perbatasan daerah itu.

"Akibat hujan terus menerus membuat tebing longsor, lalu menutup separuh badan jalan di kawasan Gunung Gumitir," kata Sekretaris BPBD Kabupaten Jember Heru Widagdo, Selasa (12/7).

Longsor tersebut membuat separuh badan jalan tertutup dan akses yang menghubungkan Kabupaten Jember dengan Kabupaten Banyuwangi macet total.

Bahkan, sistem buka tutup satu jalur dilakukan untuk mengurai kemacetan cukup panjang.

"Tebing jalan yang longsor membahayakan pengguna jalan yang melewati Gunung Gumitir. Kami mengimbau para pengendara berhati-hati saat melintas di kawasan tersebut," tuturnya.

Pihak BPBD Jember melakukan asesmen, pembersihan material longsor, pemotongan pohon, dan mengatur lalu lintas dengan sistem buka tutup jalan untuk mengurai kemacetan.

"Arus lalu lintas sementara menggunakan sistem buka tutup (contra flow) dan kondisi cuaca di lokasi hujan dengan intensitas rendah," ujarnya.

Hujan yang mengguyur selama 12 jam menyebabkan Gunung Gumitir longsor dan jalur Jember-Banyuwangi mcaet panjang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News