Peserta Disabilitas Antusias Ikuti Tes Wawancara Masuk Perguruan Tinggi Unesa

Kamis, 21 Juli 2022 – 21:23 WIB
Peserta Disabilitas Antusias Ikuti Tes Wawancara Masuk Perguruan Tinggi Unesa - JPNN.com Jatim
Salah satu peserta disabilitas ikuti tes wawancara untuk masuk perguruan tinggi negeri jalur mandiri. Foto : Humas Unesa

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketua Divisi Penerimaan Mahasiswa Baru, Satuan Admisi Unesa Awang Dharmawan mengungkapkan animo pendaftar jalur mandiri masuk kampusnya yang berasal dari kalangan disabilitas sangat luar biasa.

Pada Kamis (21/7) ini, pendaftar jalur mandiri dari kalangan disabilitas yang mengikuti sesi tes wawancara sebanyak 24 peserta

"Ada peserta yang dari Aceh, rela menempuh perjalanan darat, naik bus selama empat hari tiga malam hanya untuk mengikuti seleksi di Unesa," kata Awang, Kamis (21/7).

Menurutnya, selama mengikuti seleksi, para peserta disabilitas itu meminta pendamping masing-masing. Selain untuk memastikan keselamatan peserta, juga sebagai penyemangat di lokasi seleksi.

Salah satu pendamping peserta disabilitas, Puji Lestari, mengapresiasi Unesa yang memberikan jalur khusus bagi disabilitas pada masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya.

"Tidak semua kampus ada jalur khusus dan benar-benar eksklusif, seperti sistem penerimaan mahasiswa baru di Unesa. Ada sukarelawan khusus yang mengantarkan peserta sampai ke ruangan seleksi," ungkapnya.

Senada dengan Puji Lestari, Ida selaku orang tua M. Dafino, peserta penyandang autis, menilai setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dia juga percaya anak-anak yang lahir dengan keterbatasan di bidang satu pasti memiliki kelebihan di bidang lainnya.

Peserta disabilitas antusias mengikuti tes wawancara untuk masuk perguruan tinggi Unesa lewat jalur mandiri
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News