Kubu Anak Kiai Jombang DPO Pencabulan Giring Opini Publik Biar Seolah-olah Begini

Kamis, 07 Juli 2022 – 15:23 WIB
Kubu Anak Kiai Jombang DPO Pencabulan Giring Opini Publik Biar Seolah-olah Begini - JPNN.com Jatim
Polda Jatim terbitkan DPO untuk tersangka kasus pencabulan santriwati, MSAT. Ciri-ciri pelaku juga dibeberkan. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jatim Mia Amiati menuding kubu MSAT, anak kiai di Jombang sekaligus tersangka pelaku pencabulan santriwati, melakukan upaya penggiringan opini publik.

Hal itu terlihat dengan klaim ayah, keluarga, dan pengikut tersangka yang menyebutkan bahwa MSAT merupakan korban fitnah.

Dengan begitu, kata Mia, ketika terjadi upaya penangkapan tersangka sebagai salah satu upaya paksa penegakan hukum, masyarakat percaya opini yang dibangun kubu MSAT.

Alhasil, masyarakat melindungi tersangka pelaku pencabulan santriwati dari aparat penegak hukum.

"Yang dicitrakan (digambarkan) oleh mereka, (polisi) telah bertindak sewenang-wenang karena menindak orang yang salah," katanya, Rabu (6/7).

Maka dari itu, Mia menilai tindakan kubu MSAT itu sebagai bagian dari perlawanan terhadap hukum karena berusaha memengaruhi proses penegakannya dengan menggunakan opini publik

Selain itu, dia mempertanyakan bagaimana bisa membuktikan bahwa MSAT sebagai korban fitnah jika yang bersangkutan tak pernah bersedia mengikuti proses hukum untuk membuktikan tuduhan itu salah.

Mia menegaskan semua orang mempunyai kedudukan sama di hadapan hukum.

Keluarga maupun kelompok pendukung anak kiai di Jombang, yang menjadi DPO kasus pencabulan santriwati berusaha menggiring opini publik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News