Awas, 4 Wilayah Pesisir Surabaya Berikut Berpotensi Banjir Rob Sampai 4 Juli Nanti

Jumat, 01 Juli 2022 – 23:59 WIB
Awas, 4 Wilayah Pesisir Surabaya Berikut Berpotensi Banjir Rob Sampai 4 Juli Nanti - JPNN.com Jatim
Arsip Foto - Sejumlah pengendara kendaraan bermotor melintasi banjir rob di Jalan Kalianak, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (19/5/2022). Pasang air laut yang tinggi menyebabkan jalan tersebut tergenang banjir rob dan mengakibatkan kemacetan panjang. (ANTARA/Didik Suhartono)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Masyarakat di empat wilayah pesisir Surabaya diimbau untuk mewaspadai banjir rob akibat fase bulan purnama yang berdampak pada ketinggian pasang air laut maksimum.

"Saya minta masyarakat mengantisipasi banjir rob dan selalu berkoordinasi dengan BMKG setempat untuk mendapatkan informasi terbaru," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, Jumat (1/7).

BMKG Tanjung Perak Surabaya sebelumnya memperingatkan potensi banjir di empat wilayah pesisir Surabaya terjadi antara 28 Juni hingga 4 Juli 2022.

Adapun empat wilayah pesisir Surabaya meliputi Pabean Cantian, Asemrowo, Bulak, dan Gunung Anyar.

Menurut Armuji, Pemkot Surabaya bersama BMKG akan selalu memantau perkembangan ketinggian muka air laut yang selanjutnya ditindaklanjuti oleh perangkat daerah (PD) terkait.

Untuk itu, kata dia, pihaknya mengimbau kepada warga, khususnya yang tinggal di pesisir, agar lebih meningkatkan kewaspadaan karena saat ini suplai uap air di wilayah Indonesia masih.

Hal itu mengakibatkan hujan bakal sering terjadi dan tidak dapat diprediksi.

Saat ini, lanjut Armuji, memang tengah ada fenomena global La Nina yang masih berlanjut serta fenomena suhu muka laut yang lebih hangat di sekitar wilayah Jawa Timur, khususnya area pesisir Kota Surabaya.

Masyarakat Surabaya yang tinggal maupun melewati empat wilayah pesisir berikut diimbau untuk mewaspadai banjir rob.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News