74 Rumah di Situbondo Rusak Akibat Banjir Rob dan Angin Kencang, Kasihan

Jumat, 17 Juni 2022 – 09:21 WIB
74 Rumah di Situbondo Rusak Akibat Banjir Rob dan Angin Kencang, Kasihan - JPNN.com Jatim
Tangkis air laut di Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Situbondo, rusak akibat diterjang banjir rob. Kamis (16/6/2022) (ANTARA/HO-BPBD Situbondo)

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Banjir rob disertai angin kencang yang melanda Situbondo membuat puluhan rumah di Dusun Laok Bindung dan Dusun Pesisir, Desa Landangan, Kecamatan Kapongan tergenang air laut dan sebagian rusak.

Kepala BPBD Kabupaten Situbondo Zainul Arifin mengatakan banjir rob tersebut terjadi saat gelombang air laut mencapai sekitar tiga meter. Air pasang lalu menerjang rumah warga yang ada di bibir pantai.

"Kalau ketinggian air laut yang masuk ke rumah warga sekitar 30-40 sentimeter," kata Zainul, Kamis (16/6).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun dari catatan BPBD, terdapat 74 rumah yang rusak diterjang gelombang air laut.

Rinciannya 71 rumah di Dusun Laok Bindung dan tiga rumah di Dusun Pesisir.

"Akibat banjir rob dan angin kencang ini, ada tiga rumah yang rusak berat, yaitu satu di Dusun Laok Bindung, dan dua di Dusun Pesisir," ujarnya.

Zainul memerinci rumah yang rusak berat milik Saiful Bahri (40) dengan taksiran kerugian sekitar Rp 10 juta. Rumah Sanu kerugian Rp 10 juta, dan rumah Suni (70) kerugiannya sekitar Rp 3 juta.

Selain menggenangi rumah warga, banjir rob juga merusak tangkis air laut sepanjang delapan meter.

Puluhan rumah di dua Dusun Situbondo tergenang air dan rusak akibat banjir rob dan angin kencang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News