Pakar ITS Beberkan Faktor Banjir Rob Meluas di Surabaya, Ternyata

Sabtu, 18 Juni 2022 – 21:09 WIB
Pakar ITS Beberkan Faktor Banjir Rob Meluas di Surabaya, Ternyata - JPNN.com Jatim
Banjir Rob terjadi di Jalan Kalimas Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dosen Teknik Geofisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Ira Mutiara Anjasmara mengatakan meluasnya banjir rob yang terjadi di Surabaya bukan hanya disebabkan oleh faktor alam saja.

Menurutnya, salah satu penyebab meluasnya banjir rob karena adanya penurunan permukaan tanah di Surabaya.

“ITS telah melakukan penelitian tentang land subsidence atau penurunan muka tanah sejak tahun 2007. Hasilnya, terdapat penurunan muka tanah terutama di wilayah Surabaya Utara,” kata Ira dalam Webinar tentang Banjir Rob dan Penurunan Muka Tanah, Sabtu (18/6).

Ira menuturkan penurunan tanah di Surabaya Utara cukup signifikan walaupun tidak terlalu besar, yaitu maksimal hanya sekitar empat sentimeter.

“Dari penelitian tersebut juga ditemukan beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan, seperti di wilayah Kalianak, Kenjeran, hingga Arif Rahman Hakim. Hal itu juga dimungkinkan karena adanya penurunan muka tanah,” lanjutnya.

Dia menjelaskan penurunan muka tanah disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama tentang penggunaan air tanah yang berlebihan.

“Di Surabaya, kami tidak mendapatkan data cukup tentang penggunaan air tanah karena tidak terlalu melatarbelakangi subsidence," ujarnya.

Faktor kedua adalah beban konstruksi. Sebagai kota besar, Surabaya banyak dibangun gedung-gedung tinggi.

Inilah penyebab meluasanya banjir rob di Surabaya menurut Pakar ITS, rupanya bukan karena faktor alam saja.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News