UMSurabaya Jadi PTS Pertama Tuan Rumah Anti Corruption Summit ke-5 KPK

Senin, 27 Juni 2022 – 22:45 WIB
UMSurabaya Jadi PTS Pertama Tuan Rumah Anti Corruption Summit ke-5 KPK - JPNN.com Jatim
UMSurabaya menjadi PTS pertama sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Anti Corruption Summit (ACS). Foto: Humas UMSurabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Universitas Muhammadiyah (UMSurabaya) menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) pertama dipilih sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Anti Corruption Summit (ACS) yang ke-5.

Direktur Eksekutif Kemitraan Laode M Syarif mengatakan ACS merupakan konferensi puncak kegiatan kerja sama KPK dengan perguruan tinggi dalam memberantas korupsi, meningkatkan sinergis, forum praktik melawan korupsi, dan kerja sama dalam pencegahannya.

"Tema yang diangkat berupa penguatan peran perguruan tinggi dalam pemberantasan korupsi di sektor politik. Kegiatan itu bisa diikuti tim peneliti yang berasal dari lembaga penelitian kampus," kata Laode, Senin (27/6).

Ada delapan tema yang menjadi fokus penelitian dalam call for research proposal di antaranya tata kelola perguruan tinggi, peran informasi dan teknologi, pendidikan antikorupsi.

Selanjutnya, penegakan hukum, politik uang, sistem integritas partai politik, korupsi di sektor ekonomi dan kerugian negara, serta korupsi di sektor energi.

"Tentunya ini merupakan langkah kolaboratif, melihat UMSurabaya memiliki rekam jejak dalam mengembagkan psuat kajian antikorupsi berbasis perguruan tinggi," ujarnya.

Rektor UMSurabaya Sukadiono menyampaikan rasa senangnya atas kepercayaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memilih kampusnya.

"Dengan kegiatan ini harapannya bisa dimanfaatkan peneliti di lingkungan UMSurabaya sebagai penguatan perguruan tinggi dalam pemberantasan korupsi," ucapnya.

UMSurabaya terpilih menjadi tuan rumah kegiatan Anti Corruption Summit (ACS) yang ke-5 dari KPK.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News