Perkuat Fungsi Kostratani, BPP Gumukmas Gandeng Pelajar Sosialisasikan Program CSA

Kamis, 09 Juni 2022 – 13:40 WIB
Perkuat Fungsi Kostratani, BPP Gumukmas Gandeng Pelajar Sosialisasikan Program CSA - JPNN.com Jatim
Sosialisasi program CSA di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember di Desa Jombang, Kecamatan Jombang. Foto: Humas Kementan

jatim.jpnn.com, MALANG - Climate Smart Agriculture (CSA) atau yang biasa disebut pertanian cerdas iklim merupakan salah satu program yang dilaksanakan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan.

Program ini memiliki tujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman. CSA juga dapat meningkatan pendapatan petani pada lahan sawah beririgasi menuju ketahanan pangan yang berkelanjutan.

Penyuluh Pertanian di BPP Gumukmas Kabupaten Jember, Jawa Timur, melakukan kegiatan Kepramukaan Bhakti Saka Taruna Bumi dengan melaksanakan pengembangan pendampingan dan pengawalan Teknologi CSA SIMURP bekerja sama dengan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang, Rabu (8/6).

Kegiatan dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember di Desa Jombang, Kecamatan Jombang.

Kegiatan tersebut juga merupakan ekstrakurikuler bagi 350 siswa kelas III MAN 3 Jember dan 7 Mahasiswa semester V Polbangtan Malang.

Mentan Syahrul Yasin Limpo menerangkan kalau CSA sangat penting untuk menghadapi perubahan iklim ekstrem dan memicu serangan hama penyakit tanaman di berbagi wilayah.

“Climate Smart Agriculture dapat menyelamatkan produksi pertanian kita,” ujar Mentan Syahrul.

“Saya mendorong berbagai inovasi dan teknologi seperti Climate Smart Agriculture atau CSA untuk menghadapi perubahan iklim,” katanya.

Tanpa diduga para pelajar menyambut antusias mendapat pelajaran cara pembuatan pupuk organik padat, pupuk organik cair, pestisida nabati.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News