APBD Tak Cukup, Pemkab Bangkalan Minta Bantuan Pusat Perbaiki Dam dan Plengsengan Rusak

Minggu, 05 Juni 2022 – 16:30 WIB
APBD Tak Cukup, Pemkab Bangkalan Minta Bantuan Pusat Perbaiki Dam dan Plengsengan Rusak - JPNN.com Jatim
Salah satu dam yang rusak akibat bencana alam berupa banjir pada musim hujan 2022 di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. (BPBD Bangkalan)

jatim.jpnn.com, BANGKALAN - Belasan dam dan sejumlah plengsengan sungai di Bangkalan rusak akibat bencana alam pada musim hujan 2022.

Pemerintah Kabupaten Bangkalan mengajukan perbaikan kerusakan tersebut kepada pemerintah pusat.

"Pengajuan bantuan itu dalam bentuk program rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana," kata Kepala BPBD Bangkalan Rizal Moris, Sabtu (4/6).

Pemkab Bangkalan terpaksa mengajukan bantuan perbaikan dam dan plengsengan yang rusak akibat bencana karena anggaran yang tersedia di APBD tak cukup.

"Anggaran di Bangkalan kan sangat terbatas sehingga kami perlu mengajukan bantuan ke pusat, agar bisa segera teratasi," ungkapnya.

Jenis bencana alam yang sering terjadi di Kabupaten Bangkalan selama musim hujan 2022 berupa banjir, tanah longsor dan angin kencang.

"Yang menyebabkan banyak infrastruktur rusak di Bangkalan hingga kami terpaksa harus mengajukan bantuan ke pusat ini, pada bencana banjir dan tanah longsor," ujarnya.

Dia memerinci dam yang rusak akibat bencana ada di 18 titik, yakni Dam Budduk di Desa Macajah Kecamatan Tanjung Bumi, Dam Batokorogan di Desa Batokorogan Kecamatan Kokop, dan Dam Bindang Desa di Bantayan Kecamatan Klampis.

Pemkab Bangkalan meminta bantuan pemerintah pusat untuk perbaikan dam dan plengsengan rusak karena APBD tak cukup.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News