Skrining Koper, Petugas Masih Temukan Jemaah Haji Bawa Beras

Jumat, 03 Juni 2022 – 20:39 WIB
Skrining Koper, Petugas Masih Temukan Jemaah Haji Bawa Beras - JPNN.com Jatim
Pengecekan koper jemaah haji oleh petugas di Asrama Haji Embarkasi Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Barang bawaan jemaah haji Embarkasi Surabaya yang akan berangkat ke tanah suci diperiksa panitia.

Hasilnya mengejutkan. Mereka masih menemukan calon haji yang membawa beras sebanyak 5 liter dan serta 10 unit powerbank.

Kakanwil Kemenag Jatim Husnul Maram mengatakan temuan barang-barang tersebut tidak disita, tetapi harus dipindahkan dari koper ke tas selempang.

"Mana saja yang tidak diperbolehkan tentunya harus dikeluarkan dari koper," kata Kepala Husnul.

Tak hanya itu, barang lain, seperti gunting dan gunting potong kuku, wajib dimasukkan ke dalam masing-masing koper jemaah haji.

"Jangan sampai ada jemaah yang bawa spirtus, minyak yang berlebihan. (Gunting dan gunting potong kuku) tidak boleh dibawa tas tentengan. Itulah fungsinya pemeriksaan saat ini supaya aman semua," jelasnya.

Dia mengatakan beras 5 liter yang ditemukan bakal dikembalikan lagi kepada jemaah.

Sebelumnya, Kemenag Jatim sudah menegaskan, jemaah haji tidak perlu membawa beras. Pasalnya, konsumsi di tanah suci sudah disediakan.

Kakanwil Kemenag Jatim menegaskan bahwa jemaah haji tidak perlu bawa beras.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News