UMSurabaya Punya Riset Produk Halal, Pelaku Usaha dan UMKM Baru Bisa Terbantu

Jumat, 27 Mei 2022 – 13:59 WIB
UMSurabaya Punya Riset Produk Halal, Pelaku Usaha dan UMKM Baru Bisa Terbantu - JPNN.com Jatim
UMSurabaya meresmikan Halal Center untuk riset produk UMKM dan pelaku usaha. Foto: Dok. UMSurabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya meluncurkan pusat riset dan kajian Halal Center pada Jumat (27/5).

Ketua Halal Center Dr dr Muhammad Anas mengatakan Halal Center UMSurabaya bakal menjadi pusat kajian halal berbasis moralitas, intelektualitas, dan entrepreneurship.

Nantinya juga berfungsi sebagai pusat riset yang berhubungan dengan produk halal. Hal tersebut sangat cocok lantaran UMSurabaya memiliki potensi dan keunggulan di bidang itu.

"Setidaknya kami memiliki empat misi, yakni membangun kesadaran dan komitmen masyarakat terhadap produk halal, menjalin kerja sama dengan dunia usaha, lembaga riset, dan ormas-ormas Islam dalam mengembangkan produk halal," kata Anas.

Halal Center bisa menjadi mitra industri, baik nasional maupun internasional sekaligus melakukan riset terpadu tentang produk dan jasa yang relevan dengan industri halal.

Dia menyebut ada 81 peserta yang akan didampingi untuk menjadi pelaku usaha atau UMKM yang kompeten.

"Saat ini kami punya empat lab halal, yakni HPLc (High Performance Liquid Chromatography), FTIR (Fourier Transform Infrared Spectroscopy), GC (Gas Chromatography), dan AAS (Atomic Absorption Spectrometry)," bebernya.

Sementara itu, Rektor UMSurabaya Sukadiono menyampaikan program-program yang digagas Halal Center dan universitas akan berkomitmen menyediakan peralatan yang dibutuhkan

UMSurabaya meresmikan pusat riset dan kajian Halal Center membantu sertifikasi halal produk UMKM dan pelaku usaha.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News