UMSurabaya Punya Target 3 Prodi Terakreditasi Unggul, Begini Persiapannya

Rabu, 30 Maret 2022 – 14:14 WIB
UMSurabaya Punya Target 3 Prodi Terakreditasi Unggul, Begini Persiapannya - JPNN.com Jatim
UMSurabaya menargetkan tiga prodi mendapatkan akreditasi unggul setiap tahunnya. Foto: Dok. UMSurabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rektor UMSurabaya Sukadiono mengatakan persiapan untuk meraih akreditasi unggul di kampusnya cukup lama, yaitu dua tahun.

Dua prodi yang telah terakreditasi unggul di antaranya adalah Prodi S1 Keperawatan dengan Nomor Surat Keputusan 063/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2022 dan Prodi Profesi Ners dengan Nomor Surat Keputusan 0164/LAM-PTKes/Akr/Pro/III/2022. Kedua, Program Studi ini telah resmi terakreditasi unggul pada 11 Maret 2022

Dia menjelaskan persiapan akreditasi unggul persyaratannya cukup ketat, ada sembilan kriteria dalam penilaian. Hal itu berbeda dengan akreditasi A yang hanya ada tujuh kriteria.

"Artinya, lebih sulit. Persiapan mulai dari sarpras, SDM, proses pembelajaran yang tidak serba instan, termasuk sinergitas dengan RS jejaring yang menjadi lahan praktek," jelas Sukadiono, Rabu (30/3).

Terkait penyiapan SDM, hal itu berhubungan dengan percepatan lektor ke lektor kepala, dan asisten ahli ke lektor.

Pihaknya memiliki rencana atau target tiga program studi yang akan re-akreditasi di tahun 2022 yaitu Prodi Biologi, Prodi Manajemen, dan Prodi Syariah.

Dia memerinci saat ini Prodi Biologi sudah punya empat doktor dan empat lektor kepala. Kemudian, Prodi Manajemen empat doktor dan empat lektor kepala dan terakhir Fakultas Agama untuk Prodi Syariah.

"Paling tidak tiap tahun ada tiga prodi. Tahun depan tiga sampai lima prodi kami targetkan terakreditasi A atau unggul," kata dia.

UMSurabaya menergetkan tiga prodi di kampusnya meraih akreditasi unggul
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News