Para Pemuda Maluku Berdiri di Alun-alun Tugu Malang, yang Disampaikan Bikin Sedih

Kamis, 19 Mei 2022 – 09:28 WIB
Para Pemuda Maluku Berdiri di Alun-alun Tugu Malang, yang Disampaikan Bikin Sedih - JPNN.com Jatim
Para mahasiswa dari Maluku melakukan aksi damai di Alun-alun Tugu Kota Malang. Foto: Ridho Abdullah/JPNN.

jatim.jpnn.com, MALANG - Para mahasiswa dari Maluku yang kuliah di Kota Malang menggelar aksi damai di Alun-alun Tugu. Aksi tersebut memperingati hari lahir ke-205 Pahlawan Nasional Pattimura.

Dalam momen tersebut, mereka menuntut hak warga Maluku dipenuhi.

Koordinator Aksi Pattimura Muda, Ari mengatakan Pulau Maluku memiliki peranan penting dalam memerdekakan negara Indonesia, salah satu buktinya dengan adanya Pattimura.

"Kami menuntut kemiskinan dibantu oleh negara, jangan hanya sumber daya alam yang dikuras," ucap Ari, Rabu (18/5).

Menurutnya, kemiskinan masih terus berlangsung dari tahun ke tahun di sana tanpa ada perubahan dalam tatanan masyarakat Maluku.

Dia mencatat angka kemiskinan di Maluku pada Maret 2021 sebesar 321,81 jiwa. Berbeda 0,6 persen pada tahun 2020, sedangkan di Maluku Utara sebesar 6,38 persen per September 2021.

Di sisi lain kesejahteraan tidak lagi dirasakan secara murni oleh masyarakat yang dirampas tanahnya. Hal tersebut mengakibatkan masyarakat di Maluku tergeser dari kehidupan yang adil, demokratis, dan sebagainya.

"Sebab itu, tidak ada alasan lain bagi mahasiswa Maluku untuk memperjuangkan keadilan bagi seluruh masyarakat di tanah Maluku," tuturnya.

Para mahasiswa dari Maluku melakukan aksi di Alun-alun Tugu Malang membicarakan kemiskinan di tanah kelahirannya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News