Unair Sebut Sapi Terserang PMK Bisa Disembuhkan, Caranya Begini

Minggu, 15 Mei 2022 – 22:44 WIB
Unair Sebut Sapi Terserang PMK Bisa Disembuhkan, Caranya Begini - JPNN.com Jatim
Pengecekan kesehatan hewan ternak Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (Unair) meminta beberapa bagian tubuh hewan yang terpapar PMK dilakukan pembersihan rutin untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

Menurut Ketua tim khusus penyakit mulut dan kuku (PMK) FKH Unair Prof Dr Fedik Abdul Rantam, upaya tersebut bisa menyembuhkan sapi dan ternak lainnya yang terserang wabah PMK.

"Pada bagian kaki hewan yang terserang PMK, bisa disemprot menggunakan kalium permanganat atau KMn04 untuk membersihkan luka," ujarnya, Minggu (15/5).

Dia juga menerangkan pencegahan wabah PMK bisa dilakukan dengan melakukan penyemprotan disinfektan pada bagian dinding dan lantai kandang hewan ternak.

"Bagian mulutnya bisa dicuci dengan NaCl 1 persen atau 2 persen, itu bisa bersih dan bisa mempercepat penyembuhan sapi. Langkah itu efektif guna mengatasi wabah tersebut," tegasnya.

Juru bicara tim PMK FKH UNAIR Prof Dr Mustofa Helmi Effendi menyampaikan virus PMK punya tingkat penularan yang tergolong tinggi pada hewan berkuku belah,tetapi tidak menular ke manusia.

Daging maupun jeroan sapi yang terkena PMK disebutnya aman untuk dikonsumsi. Namun, tetap harus dimasak sampai benar-benar matang.

“Jadi, virus PMK itu aman untuk manusia, tidak apa apa daging itu dimasak dan diedarkan tidak masalah. Aman untuk manusia," ucap Prof Helmi. (mcr23/jpnn)

Begini cara mempercepat proses penyembuhan bagi hewan ternak yang terkena wabah PMK

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News