Kemunculan Partai Buruh Saat Aksi May Day di Surabaya, Siapa Sebenarnya Mereka?

Sabtu, 14 Mei 2022 – 21:45 WIB
Kemunculan Partai Buruh Saat Aksi May Day di Surabaya, Siapa Sebenarnya Mereka? - JPNN.com Jatim
Partai Buruh saat memadati depan Kantor DPRD Jatim dalam aksi May Day 2022. Foto: Dok. pribadi Andi untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ada yang berbeda dalam demo buruh tahun ini. Massa kompak mengenakan kaus berwarna oranye bertuliskan Partai Buruh pada bagian depan.

Ribuan massa tersebut tampak memadati depan Kantor DPRD Jatim, Sabtu (14/5) sekitar pukul 13.00 WIB. Aksi tersebut memperingati May Day sekaligus menunjukkan eksistensi berdirinya Partai Buruh.

Dalam melakukan orasi, mereka juga tak menggunakan mobil komando seperti biasanya. Akan tetapi mereka mendirikan satu panggung besar di depan Kantor DPRD Jatim.

Di atas panggung tersebut, beberapa orator tak hanya menyampaikan aspirasinya, tetapi memainkan sejumlah lagu.

"Partai Buruh ini sebagai alat untuk kita bisa masuk ke parlemen. Agar kita bisa suarakan keresahan-keresahan kita, keresahan masyarakat," ucap salah satu orator.

Orator tersebut menyampaikan dibentuknya Partai Buruh tak akan mengurangi intensitas aksi. Dia menyebut para pekerja tetap melakukan demonstrasi membantu teman mereka di parlemen.

"Kalau Partai Buruh masuk ke parlemen teman-teman (buruh) berhenti mobilisasi? Tidak, kita akan terus mobilisasi," lanjutnya.

Orator lain menyampaikan dalam aksi tahun ini tak hanya digunakan menyampaikan tuntutan selama bekerja, tetapi sebagai peringatan berdirinya Partai Buruh.

Muncul Partai Buruh saat aksi May Day di depan DPRD Jatim. Siapa sebenarnya mereka?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News