Puluhan Calon Haji Asal Pamekasan Gagal Berangkat, Kemenag Ungkap Penyebabnya

Kamis, 12 Mei 2022 – 09:10 WIB
Puluhan Calon Haji Asal Pamekasan Gagal Berangkat, Kemenag Ungkap Penyebabnya - JPNN.com Jatim
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan Mawardi. (ANTARA/Abd Aziz)

jatim.jpnn.com, PAMEKASAN - Sebanyak 29 calon haji asal Pamekasan gagal berangkat ke Tanah Suci Makkah pada musim haji 1443 Hijriah.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pamekasan, Mawardi menyebut penyebab puluhan orang batal berangkat haji tersebut karena faktor kesehatan.

"Selain karena alasan kesehatan, ada di antara mereka yang batal berangkat ke Tanah Suci karena tidak bersama dengan kerabat atau keluarga," kata Mawardi, Rabu (11/5).

Jemaah haji untuk Kabupaten Pamekasan yang sudah ditetapkan oleh Kemenag pada tahun 2022 sebanyak 443 orang. Akibat puluhan orang yang mengundurkan diri alias batal berangkat sehingga tersisa 414 calon.

"Jumlah 414 orang ini belum final karena kami masih akan mengisi calon pengganti yang masuk daftar tunggu," ujarnya.

Apabila di antara pendaftar haji yang masuk dalam daftar tunggu tak ada yang mau menggantikan maka akan diserahkan kepada panitia penyelenggara ibadah haji pada tingkat provinsi atau Kemenag Jatim.

"Yang jelas, kepastian mengenai jumlah calon haji asal Pamekasan yang akan berangkat menunaikan ibadah haji ini masih menunggu hingga 20 Mei 2022," jelasnya.

Calon haji yang hendak menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah sudah menjalani vaksinasi dosis satu hingga ketiga atau booster. (antara/mcr12/jpnn)

Sebanyak 29 calon haji asal Pamekasan gagal berangkat ke Makkah, ternyata ini penyebabnya.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News