Catat, Berikut Ciri-Ciri Hewan Ternak yang Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku

Selasa, 10 Mei 2022 – 13:04 WIB
Catat, Berikut Ciri-Ciri Hewan Ternak yang Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku - JPNN.com Jatim
Perusahaan daerah Rumah Potong Hewan (RPH) Surya. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Antiek Sugiharti menjabarkan beberapa ciri-ciri hewan ternak yang terkena penyakit mulut dan kaki (PMK).

Ciri-cirinya, antara lain, hewan ternak mengalami demam tinggi (39-41 derajat celsius); keluar lendir berlebihan dari mulut dan berbusa; serta terdapat luka-luka, seperti sariawan pada rongga mulut dan lidah.

“Lalu hewan ternak tidak mau makan; kaki pincang; luka pada kaki dan diakhiri lepasnya kuku; sulit berdiri; gemetar; bernapas cepat; produksi susu turun drastis; dan menjadi kurus,” kata Antiek, Senin (9/5).

Maka dari itu, apabila para peternak menemukan tanda-tanda tersebut pada hewan ternak masing-masing, diimbau supaya segera melapor.

"Karena sampai saat ini, belum ada vaksin, hanya pengobatan dan isolasi terkait itu," ujarnya.

Kendati demikian, Antiek menegaskan virus PMK tidak menular kepada manusia, bahkan sebagian besar daging ternak yang terjangkit masih aman untuk dikonsumsi.

Hanya saja, ada beberapa bagian ternak yang tidak diperbolehkan dimakan, yaitu kepalanya, kaki, dan organ dalam (jeroan).

Di sisi lain, Antiek juga menyampaikan imbauan terkait tata cara penyembelihan ternak yang terjangkit penyakit mulut dan kuku.

DKPP Surabaya membeberkan sejumlah ciri-ciri hewan ternak yang terjangkit penyakit mulut dan kuku. Bila mendapati, segera laporkan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News