Surabaya Masih Dihantui Banjir, John Thamrun Bilang Begini

Kamis, 07 April 2022 – 20:20 WIB
Surabaya Masih Dihantui Banjir, John Thamrun Bilang Begini - JPNN.com Jatim
Kawasan Wiyung Surabaya jadi langganan banjir ketika hujan deras mengguyur. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Hujan yang mengguyur Kota Surabaya belakangan ini selalu mengakibatkan banjir di sejumlah kawasan.

Anggota Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) DPRD Surabaya John Thamrun berpendapat, untuk mengendalikan banjir diperlukan Perda yang mengatur secara jelas tentang penanganannya.

"Terutama mengenai cara Pemkot Surabaya melakukan pekerjaannya lewat dinas terkait guna mengatasi banjir saat hujan deras turun," tuturnya, Kamis (7/4).

Menurutnya, perlu adanya penguatan peraturan daerah tentang pengendalian banjir di Kota Pahlawan. Walaupun saat ini peraturan itu sedang dalam pembahasan di Bapemperda.

Dirinya meyakini, di dalamnya akan mengatur ruang hijau dan ruang biru sehingga dapat memaksimalkan pengendalian air hujan di Kota Pahlawan.

"Saya berharap adanya kejelasan kebutuhan ruang hijau dan ruang biru untuk jangka waktu panjang. Salah satunya di kawasan perumahan. Dimana lahan fasumnya ditata oleh Pemkot Surabaya,” kata John yang juga sebagai Politisi PDIP.

Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya itu menambahkan, jika hal tersebut sudah diatur dalam Raperda maka kemungkinan masyarakat bisa terbebas dari banjir.

"Terutama saat hujan deras mengguyur. Kalau terjadi genangan bisa cepat surut,” pungkas John. (mcr23/jpnn)

Anggota Bapemperda Surabaya John Thamrun menilai untuk bisa menangani banjir di Surabay perlu ada Perda.

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News