Ada Peran KPK dalam Penyelesaian Sengketa Pasar Turi, Lihat

Kamis, 31 Maret 2022 – 04:53 WIB
Ada Peran KPK dalam Penyelesaian Sengketa Pasar Turi, Lihat - JPNN.com Jatim
Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK, Brigjen Bahtiar Ujang Purnama. Foto : Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pasar Turi Baru, Surabaya saja dilakukan soft opening Rabu (30/3). Banyak pihak yang berperan dalam prosesnya, salah satunya, KPK.

Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK Brigjen Bahtiar Ujang Purnama mengungkapkan pihaknya melakukan pendampingan kepada Pemkot Surabaya soal pendampingan pemulihan aset Pasar Turi Baru.

Menurutnya, langkah itu betul-betul bermanfaat untuk kemajuan perekonomian Kota Pahlawan.

"Aset Pasar Turi yang sekian lama berhenti beroperasi bisa kembali berjalan. KPK hadir membantu pemulihan aset agar bagaimana bisa berjalan dengan baik," kata Brigjen Ujang Purnama usai soft opening Pasar Turi Baru.

Dia memastikan KPK bertugas menyelamatkan keuangan negara dengan pemulihan aset yang tidak berfungsi atau tak bersertifikat.

Itu dilakukan untuk menghindari kehilangan aset dan potensi kurang optimalnya pendapatan asli daerah (PAD).

"Asetnya sudah milik pemkot, tetapi karena tidak fungsional sehingga KPK bertugas mengoptimalkan PAD dengan pemulihan fungsi aset," ucap dia.

Selama tiga tahun, lanjut dia, KPK bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya melakukan supervisi penyelesaian sengketa antara Pemkot Surabaya dengan investor yang juga pengelola Pasar Turi, PT Gala Bumi Perkasa.

Pembukaan kembali Pasar Turi Baru diharapkan mendongkrak perekonomian di Kota Pahlawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News