Peneliti Sebut Ada Sesuatu yang Terpendam di Desa Tulungagung Ini, Arca Kuno?

Senin, 21 Maret 2022 – 10:24 WIB
Peneliti Sebut Ada Sesuatu yang Terpendam di Desa Tulungagung Ini, Arca Kuno? - JPNN.com Jatim
Petugas mengukur panjang dimensi arca dwarapala yang sebelumnya ditemukan di Desa Podorejo, Tulungagung, Sabtu (19/3). (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Dugaan keberadaan benda-benda bersejarah yang masih terpendam di bawah Desa Podorejo, Tulungagung makin kuat.

Lokasi itu sebelumnya merupakan tempat penemuan dua arca dwarapala dan jaladwara.

Tim peneliti dari Badan Geologi Bandung berhasil mengidentifikasi sebaran objek padat di dalam tanah sekitar lokasi penemuan kedua tersebut.

Kepala Tim Geolog dari Badan Geologi Bandung Hidayat menerangkan pihaknya melakukan survei menggunakan perangkat gradiomagnetik

"Hasil temuan awal kami memang mengidentifikasi cukup banyak anomali tinggi yang diduga berasal dari benda-benda padat di sana. Namun, kami belum bisa menyimpulkan itu (benda) apa," katanya, Minggu (20/3).

Ada dua metode yang dilakukan guna meneliti kemungkinan adanya benda-benda cagar budaya di sekitar lokasi temuan arca dwarapala dan jaladwara di Desa Podorejo itu.

Selain perangkat gradiomagnetik yang memiliki kemampuan mendeteksi benda-benda di kedalaman dangkal, tim geolog juga menggunakan alat georadar.

Peranti elektronik tersebut merupakan alat pelacak bawah permukaan bumi dengan gelombang radio.

Desa Podorejo, Tulungagung memiliki benda-benda yang masih terpendam di bawah tanah sekitar dan masih diteliti hingga saat ini.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News