Kabar Terbaru: Ekskavasi Situs Srigading di Kabupaten Malang Telah Temukan 3 Arca

Senin, 28 Februari 2022 – 14:48 WIB
Kabar Terbaru: Ekskavasi Situs Srigading di Kabupaten Malang Telah Temukan 3 Arca - JPNN.com Jatim
Arkeolog Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim Wicaksana ketika bersihkan Arca Agastya yang masih utus di Situs Srigading Kecamatan Lawang Kabupaten Malang pada Minggu 27 Februari 2022. Foto: Ridho Abdullah/jpnn

jatim.jpnn.com, MALANG - Ekskavasi hari terakhir Situs Srigading di Desa Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang pada Minggu (27/2) menemukan arca kembali.

Dengan begitu, tim Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim telah menemukan tiga arca.

"Jadi, temuan di hari terakhir ini kami menemukan sebuah arca lagi yang kami identifikasi sebagai Agastya atau shio maha guru yang ditemukan di sisi selatan. Dia dalam kondisi runtuh," ucap Arkeolog BPCB Jatim Wicaksana.

Tiga arca yang ditemukan, yakni Arca Agastya, Arca Nandiswara, dan Arca Mahakala. Wicaksana mengutarakan proses penggaliannya cukup berat karena ukurannya lebih dari 8 x 8 meter.

"Ini seperti kompleks dan sepertinya luas," katanya.

Dia menjelaskan ciri-ciri yang menguatkan bahwa itu Arca Agastya yaitu bentuknya yang menonjol pada bagian perut dan memegang tongkat.

"Bentuknya mudah kami kenali karena masih utuh dan letaknya pada bagian timur candi," ucapnya.

Hal tersebut makin membuktikan bahwa Situs Srigading beraliran siwaistis seperti Candi Prambanan yang memiliki keluarga Dewa Siwa.

Kabar Terbaru Eskavasi Situs Sirgading di Kabupaten Malang Telah Temukan 3 Arca
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News