Temui Perwakilan Massa Sopir Truk, Wagub Emil Tegaskan Hal Ini

Jumat, 11 Maret 2022 – 18:18 WIB
Temui Perwakilan Massa Sopir Truk, Wagub Emil Tegaskan Hal Ini - JPNN.com Jatim
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat melakukan audiensi dengan perwakilan massa aksi sopir truk. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak bersama kepolisian dan stakeholder terkait menemui perwakilan massa sopir truk di Kantor Dishub Jatim, Jumat (11/3).

Dalam audiensi itu, Emil menegaskan tidak ada penindakan apabila sopir tak melampaui ketentuan dimensi muatan. Menurut dia, aturan tersebut dibuat demi menjaga keselamatan pengguna jalan sehingga ada batasan yang seharusnya dapat dipahami bersama.

"Tadi sudah disampaikan sama para sopir. Mereka sudah tahu, cuma dianggap berlebihan. Memang melewati batas muatan, tetapi tidak bisa dikategorikan terlalu parah," kata Emil.

Kemudian, terkait masalah KIR, Emil juga meluruskannya karena para sopir keliru memahaminya. Meski tak sepenuhnya sesuai, tetap bisa diproses karena masih transisi peraturan 2022.

"Bu gubernur sudah bersurat, sudah kami komunikasikan. Sebab, jika aturan ODOL diterapkan begitu saja, sopir merasa tersudut,” jelasnya.

Emil menilai seharusnya pemilik barang juga ikut bertanggung jawab. Hal itu diharapkan bisa ikut dirumuskan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dia melanjutkan terkait tuntutan subsidi, kalau aturan muatan kendaraan dipangkas masih harus dibahas lebih lanjut.

“Kami tidak bisa menjamin, tetapi harus dilihat dulu truk tersebut muatannya apa. Kalau konstruksi baja harus benar-benar tertib,” tuturnya.

Wakiil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak menemui massa aksi sopir truk, begini hasilnya
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News