Mendes PDTT: Transmigran Tak Boleh Dibekali Cangkul dan Sabit, Revitalisasi Disesuaikan Zaman

Rabu, 09 Maret 2022 – 21:17 WIB
Mendes PDTT: Transmigran Tak Boleh Dibekali Cangkul dan Sabit, Revitalisasi Disesuaikan Zaman - JPNN.com Jatim
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar saat konferensi pers dalam Rakornas Transmigrasi 2022. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyatakan pola revitalisasi transmigrasi harus berbasis teknologi.

“Pola lama transmigrasi yang dianggap sekadar memindahkan penduduk untuk mengelola lahan di tempat baru harus diubah,” kata Halim saat Rakornas Transmigrasi 2022 di Hotel Vasa Surabaya, Rabu (9/3).

Menurutnya, pemerintah punya tugas untuk memastikan para transmigran lebih berdaya dengan formula pengelolaan berbasis teknologi dan manajemen modern.

"Yang perlu direvitalisasi bukan hanya transmigrasi, tetapi juga persepsinya. Ke depan kami ingin ada satu model transmigrasi sesuai kebutuhan zaman," ucap dia.

Selain itu, para transmigran tidak boleh lagi hanya sekadar dibekali cangkul dan sabit sebagai simbol mengolah lahan.

“Harus dibekali dengan gambaran jelas mengenai produksi dan pemasaran produk yang dihasilkan di lahan transmigrasi itu dan pengelolaannya berbasis teknologi,” tuturnya.

Konsep yang matang dari hulu ke hilir dinilai sangat penting untuk memastikan para transmigran mendapat kelayakan hidup di daerah baru.

“Mencanangkan lahan transmigrasi akan dikelola secara komunal dan tidak terbatas dua hektare saja. Pengelolaan hulu hingga hilir telah dilakukan hingga nantinya tidak ada lagi lahan transmigrasi yang ditinggalkan (para transmigran) karena tidak cukup menjanjikan masa depan," lanjutnya.

Pola revitalisasi transmigrasi harus berbasis teknologi, yaitu disesuaikan dengan kebutuhan zaman
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News