Mendes Sebut Wisata Setigi Gresik Jadi Percontohan Daerah Lain di Indonesia

Sabtu, 16 Oktober 2021 – 00:06 WIB
Mendes Sebut Wisata Setigi Gresik Jadi Percontohan Daerah Lain di Indonesia - JPNN.com Jatim
Kunjungan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar (putih/tengah) ke Wisata Setigi di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jatim, Jumat (15/10). ANTARA/HO-Humas Setigi

jatim.jpnn.com, GRESIK - Wisata Setigi di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, disebut sebagai percontohan desa wisata oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

"Setigi merupakan salah satu desa wisata yang patut dicontoh oleh desa-desa lainnya di Indonesia, karena memanfaatkan keindahan alam dan menjaga kearifan lokal setempat," kata Gus Menteri, sapaan akrab Mendes PDTT, di Gresik, Jumat (15/10).

Gus Menteri bahkan mengajak seluruh warga desa hingga pengurus BUMDes untuk datang ke Setigi belajar tentang wisata.

"Wisata Setigi ini murni dibangun oleh pemerintah desa bersama berbagai elemen yang ada di desa melalui swadaya," terangnya.

Menurut dia, kemandirian tersebut yang membawa Desa Sekapuk mampu membangun wisata megah seperti Setigi dan KPI.

"Bahkan dulunya wisata Setigi merupakan tempat pembuangan sampah," kata Gus Menteri.

Pada saat yang sama, pemerintah desa dan pengelola wisata Setigi meminta kepada Gus Menteri kapal.

Kapal yang akan diberi nama Bukan Kapal Nuh (BKN) tersebut, rencananya akan diletakkan di atas Bukit Setigi sebagai simbol kebangkitan Gresik yang dulunya dikenal sebagai Kota Syahbandar.

Mendes sebut Wisata Setigi di Desa Sekapuk, Kabupaten Gresik, menjadi percontohan desa wisata di daerah lain di Indonesia.
Sumber Antara