Siapkan Tim Regu Penolong Saat Bencana, Nasdem Latih Ratusan Pemuda di Lamongan

Rabu, 09 Maret 2022 – 14:50 WIB
Siapkan Tim Regu Penolong Saat Bencana, Nasdem Latih Ratusan Pemuda di Lamongan - JPNN.com Jatim
Pemuda yang dilatih Nasdem Jatim untuk menjadi regu penolong kebencanaan. Foto: Dok. Nasdem Jatim

jatim.jpnn.com, LAMONGAN - Sebanyak 161 pemuda dari barisan reaksi cepat (Baret) Rescue DPW Partai Nasdem Jatim menjalani pelatihan sebagai regu penolong. Diklat selama sepuluh hari itu berlangsung di Laguna Wego, Lamongan dimulai 2-11 Maret 2022.

Ketua DPW Nasdem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi mengatakan ratusan pemuda tersebut mendapatkan bermacam-macam pelatihan dari Basarnas Jatim, TNI, Polri, BPBD, Orari, rescue satwa hingga PMI.

"Sesuai instruksi Ketua Umum Partai Nasdem Bapak Surya Paloh, kerja-kerja politik harus dibarengi dengan kerja-kerja kemanusian," ujar Sri Sajekti, Rabu (9/3).

Jess sapaan akrab Sri Sajekti Sudjunadi itu menjelaskan di Jatim banyak Gunung berapi aktif dan potensi bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor. Kalau itu terjadi maka Partai Nasdem bisa menjalankan misi kemanusiaan.

"Sebaik-baiknya manusia adalah dapat memberikan manfaat bagi sesama," tuturnya.

Selama pelatihan, para peserta bangun pagi dari tenda barak menjalani latihan fisik. Tak hanya berlari di hutan, tetapi berenang di telaga 100 meter untuk melatih otot, termasuk pelatihan pertolongan korban di air.

Selanjutnya, para relawan juga dibawa ke area hutan jati berlatih menaikkan dan menurunkan korban dari tebing setinggi 20 meter, termasuk pertolongan di darat saat mendapati korban yang sudah tak dapat bergerak.

Terpisah, Wakil Ketua Panitia Diklatsar Baret Rescue Garda Pemuda Nasdem Jatim Deny Prasetya menyebut tujuan utama diklatsar rescue sebagai pembelajaran memahami penanganan teknik dan taktis tentang aksi tanggap bencana baik di darat hingga air.

Ratusan pemuda dilatih menjadi regu penolong untuk kebencanaan oleh Nasdem Jatim
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News