LPM Kaloka Menjadi Sponsor Tunggal dalam Proses Ekskavasi Situs Srigading di Malang

Selasa, 01 Maret 2022 – 01:25 WIB
LPM Kaloka Menjadi Sponsor Tunggal dalam Proses Ekskavasi Situs Srigading di Malang - JPNN.com Jatim
Proses penyelamatan Arca Agastya ketika eskavasi di Situs Candi Srigading kemarin. Foto: Ridho Abdullah/jpnn

jatim.jpnn.com, MALANG - Ekskavasi situs Candi Srigading, Malang yang telah berjalan selama beberapa waktu waktu lalu disponsori Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kaloka.

Pembina dan Penasihat LPM Kaloka Romo Tosan Bisowarno mengutarakan faktor utama adanya ekskavasi situs Candi Srigading di Malang karena rasa keprihatinan dengan peninggalan sejarah yang kurang mendapat perhatian.

Maka dari itu, LPM Kaloka menginisiasi sekaligus membiayai pelaksanaan ekskavasi Situs Srigading yang terbengkalai lama sejak penemuannya pada 1986.

"Jadi, kami berangkat dari rasa keprihatinan. Malang Raya itu bagian dari peradaban-peradaban masa lalu yang luar biasa. Jadi, potensi keberadaan situs-situs perlu dapat perhatian," ucapnya kepada jpnn.com, Minggu (27/2).

Dia juga menyatakan bahwa undang-undang telah memberi ruang dan peran kepada masyarakat untuk bisa berkontribusi dalam penyelamatan dan melestarikan cagar budaya.

Oleh karena itu, LPM Kaloka berkolaborasi dengan BPCB Jatim selaku lembaga yang memiliki SDM ahli dalam ekskavasi melakukan penyelamatan di situs-situs yang belum terselamatkan sejak dahulu.

"Sasaran kami ada tiga, yakni Srigading, Gemekan, dan di Blitar, ya, sama candi dan peninggalan-peninggalan, tetapi belum dapat perhatian khusus dari pemerintah daerah," tuturnya.

Dengan adanya ekskavasi tersebut, masyarakat dan pemerintah setempat diharapkan bisa saling menjaga. Lagi pula, temuan itu bisa menjadi objek pendidikan,

LPM Kaloka menjadi satu-satunya sponsor dalam ekskavasi Situs Srigading.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News