Kabupaten Malang Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 4,5

Sabtu, 06 Juli 2024 – 22:04 WIB
Kabupaten Malang Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 4,5  - JPNN.com Jatim
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi pusat gempabumi berlokasi berlokasi di 75 km arah Barat Daya Kabupaten Malang, dengan kedalaman 56 Km, pukul 20.26 WIB, Sabtu (6/7). Foto: Dok. BMKG Juanda

jatim.jpnn.com, MALANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi pusat gempa bumi berlokasi di 75 kilometer arah barat daya Kabupaten Malang, dengan kedalaman 56 kilometer pukul 20.26 WIB, Sabtu (6/7).

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa buni ini memiliki parameter dengan magnitudo 4,5.

Kepala Stafgeo Sleman Setyoajie Prayodhie mengatakan guncangan itu merupakan jenis gempa bumi dangkal yang terjadi akibat adanya aktivitas pada zona subduksi. Hal itu dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

“Sampai pukul 20.43 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” kata Setyoajie.

Menurutnya, beberapa wilayah juga merasakan gempa bumi, seperti di daerah Gondanglegi, Kepanjen Kabupaten Malang III MMI (Getaran dirasakan seperti truk yang melintas)

Kemudian, Trenggalek, Tulungagung, Ponorogo, Blitar II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” katanya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Gempa 4,5 magnitudo goncang Kabupaten Malang, namun tak berpotensi tsunami
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News