Bantu UMKM Kembangkan Usaha, Mahasiswa Untag Ciptakan Mesin Pemotong Keripik

Rabu, 23 Februari 2022 – 17:37 WIB
Bantu UMKM Kembangkan Usaha, Mahasiswa Untag Ciptakan Mesin Pemotong Keripik - JPNN.com Jatim
Panggalih dan Khadiq mencoba mesin pemotong pembuat keripik yang mereka desain untuk membantu UMKM. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Produksi keripik di tingkat UMKM masih terbatas akibat pembuatannya yang masih manual. Hal itu sebagaimana yang ditemukan oleh mahasiswa Untag Surabaya pada produsen keripik di Kabupaten Trenggalek.

Proses produksi yang dilakukan secara manual membuat mereka kesulitan mengembangkan usahanya. Nah, dua mahasiswa Prodi Teknik bernama Panggalih Priambodoh dan Muhammad Khadiq Yahya mempunyai solusi.

Mereka menciptakan mesin pengiris menggunakan pisau rotasi dengan variasi putaran motor dan jumlah mata pisau. Inovasi itu membuat dua mahasiswa tersebut mendapatkan predikat skripsi menarik dari Fakultas Teknik Untag Surabaya.

Panggalih dan Khadiq akan dikukuhkan sebagai Sarjana Teknik pada wisuda luring 5 Maret mendatang bersama 721 wisudawan lainnya.

Panggalih menjelaskan penelitian itu melatarbelakangi temuan mereka tentang rendahnya produksi keripik. Kemudian, muncullah inisiatif membuat alat yang memudahkan pelaku UMKM.

“Kami membuat alat pemotong keripik dengan harga terjangkau agar industri-industri kecil memiliki mesin pemotong agar produksi UMKM dapat meningkat,” jelas Panggalih, Rabu (23/2).

Mesin itu bisa digunakan membuat jenis keripik tempe, singkong, ketela, dan pisang. Menurutnya, pemotongan manual yang dilakukan UMKM keripik berdampak pada kualitasnya.

“Kendala yang mereka hadapi adalah waktu pengirisan yang lama serta ukuran potongan yang tidak sama dan butuh keahlian apabila dilakukan secara manual,” lanjutnya.

Dua mahasiswa teknik Untag Surabaya menciptakan mesin pemotong pembuat keripik untuk membantu UMKM.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News