Harga Pupuk Melambung, Ada Kabar Baik untuk Petani di Situbondo

Senin, 22 November 2021 – 07:56 WIB
Harga Pupuk Melambung, Ada Kabar Baik untuk Petani di Situbondo - JPNN.com Jatim
Bupati Situbondo Karna Suswandi mengecek pupuk non-subsidi yang siapa diberikan kepada para petani. Minggu (21/11/2021) (ANTARA/Novi H)

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Di Situbondo, harga pupuk urea nonsubsidi melambung tinggi, yaitu mencapai sekitar Rp 945 ribu per kuintal.

Menanggapi fenomena tersebut, Pemkab Situbondo pun bersiap menyalurkan pupuk urea gratis untuk para petani.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengutarakan bantuan pupuk urea gratis tersebut adalah program pemdanya tahun ini guna meringankan beban petani, terutama bagi yang tengah mengalami kesulitan ekonomi.

"Harga pupuk urea nonsubsidi sekarang sangat mahal, yakni Rp 9.475 per kilogram atau hampir Rp 1 juta per kuintal," kata Bung Karna, sapaan bupati, Minggu (21/11) malam.

Untuk mekanisme pendistribusian bantuan tersebut, bupati akan mendiskusikannya dengan para penyuluh pertanian lapangan (PPL).

"Insyaallah, penyaluranya akan dimulai pada awal Desember 2021," ujar dia.

Bupati Karna mengungkapkan pemkab telah mengalokasikan anggaran hingga Rp 13 miliar untuk mengadakan 1.228 ton pupuk urea nonsubsidi untuk program bantuan kepada petani di Situbondo.

Bantuan pupuk itu sebelumnya hanya menyasar petani yang memiliki lahan 400 desiare ke bawah. Namun, menyusul kenaikan harga pupuk, bantuan akan diberikan pada petani yang hanya memiliki lahan 200 desiare ke bawah.

Bupati Situbondo Karna Suswandi menyampaikan pemkabnya berupaya meringankan beban petani setempat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News