Membanggakan, Garnesa Racing Team Fakultas Teknik Unesa Juara 1 KMHE 2021

Minggu, 21 November 2021 – 21:12 WIB
Membanggakan, Garnesa Racing Team Fakultas Teknik Unesa Juara 1 KMHE 2021 - JPNN.com Jatim
Garnesa Team Racing FT Unesa yang berhasil meraih juara 1 dalam KMHE 2021. Foto: Humas Unesa

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Garnesa Racing Team Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) meraih prestasi membanggakan dalam ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021.

Lomba mobil hemat energi tingkat nasional itu diselenggarakan di Sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT) 15-20 November 2021. KMHE menguji kemampuan merancang dan membangun kendaraan yang aman, irit, dan ramah lingkungan.

"Tim kami ikut pada kelas Urban Concept Mesin Pembakaran Dalam Diesel,” ujar dosen pembimbing Garnesa RC Jurusan Teknik Mesin FT Unesa, Agung Prijo Budijono, Minggu (21/11).

Pada kategori eco urban diesel, Garnesa sempat mengalami kendala gagal finish saat race pertama karena rantai terlepas. Sehingga, harus diset ulang.

"Alhamdulillah, pada race berikutnya, tidak mengalami kendala dan mendapatkan juara satu dengan skor terbaik yaitu 111,92 km/liter," kata dia.

Pada kategori eco fun race urban diesel, Garnesa kembali mencatatkan hasil impresif dengan finish pertama sehingga mendapatkan juara satu.

"Saya sempat gemetaran saat melihat di last lap karena sempat terjadi kontak bodi antara Garnesa dengan Otoriter U-DV Tadulako dari Universitas Tadulako. Syukur alhamdulillah, Garnesa mampu menjaga jarak hingga menyentuh garis finis," ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan seperti itu sangat penting bagi mahasiswa sebagai bentuk implementasi keilmuan yang selama ini dipelajari di kampus.

KMHE 2021 dijuarai oleh FT Unesa dalam kategori eco urban diesel.