Duh, Blangko KTP-e di Tulungagung Menipis, Pencetakannya Jadi Pilih-Pilih

Jumat, 05 November 2021 – 23:39 WIB
Duh, Blangko KTP-e di Tulungagung Menipis, Pencetakannya Jadi Pilih-Pilih - JPNN.com Jatim
Petugas melayani permohonan administrasi kependudukan di kantor Dukapil Tulungagung, Jumat 93/11/2021). (ANTARA/Destyan Sujarwoko)

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Tulungagung menyetop sementara pencetakan KTP elektronik daerah itu lantaran blangko menipis.

"Stok sebenarnya masih ada, tetapi jumlahnya sangat menipis," kata Kepala Dispendukcapil Tulungagung, Ninik Hartiani, Jumat (5/11).

Dia mengatakan kondisi itu sudah terjadi sepekan terakhir. Tidak hanya di Tulungagung, tetapi merata di hampir semua daerah.

Akibatnya, banyak pemohon yang kecewa lantaran sudah antre berjam-jam dan mereka hanya bisa mengikuti tahap perekaman untuk pencetakan KTP-e.

Sementara, KTP elektronik yang dimohonkan belum bisa dicetak saat ini dengan alasan skala prioritas.

"Pelayanan KTP elektronik sementara diprioritaskan untuk yang berkepentingan mendesak, seperti pengurusan BPJS, rumah sakit, dan warga yang mengikuti seleksi CPNS dan PPPK," ujar dia..

Soal habisnya stok blangko KTP-e itu, pihak Pemkab Tulungagung tidak bisa berbuat banyak. Pasalnya, proses penyaluran blangko KTP-e berasal dari Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Mendagri).

"Sebelumnya, kami biasanya mengajukan dan mengambil blangko KTP-e ke provinsi. Namun karena provinsi kosong, kami langsung ke Jakarta," ujar dia.

Pengumuman untuk warga Tulungagung bahwa blangko di dearah setempat menipis sepekan terakhir.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News