BMKG Ungkap Penyebab Banjir Bandang di Kota Batu, Begini

Jumat, 05 November 2021 – 21:11 WIB
BMKG Ungkap Penyebab Banjir Bandang di Kota Batu, Begini - JPNN.com Jatim
Pantauan cuaca BMKG Juanda (ANTARA/HO BMKG)

jatim.jpnn.com, BATU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan banjir bandang di Kota Batu disebabkan curah hujan yang ekstrem.

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin di Jakarta, Jumat, menyebutkan berdasarkan hasil analisis cuaca BMKG, curah hujan yang masuk kategori ekstrem menjadi penyebab terjadinya banjir bandang.

"Banjir bandang yang terjadi di wilayah Kota Batu pada 4 November 2021 dan menimbulkan banjir bandang diakibatkan hujan dengan intensitas masuk kategori ekstrem," ujar Miming.

Menurut Miming, intensitas curah hujan saat terjadinya banjir bandang tersebut mencapai 80,3 milimeter dan terjadi sekitar dua jam, yakni dari pukul 14.00 hingga 16.00 WIB.

"Selain itu, ada pertumbuhan pembentukan awan jika dilihat dari hasil analisis citra satelit dan radar cuaca. Karena itu, menimbulkan curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat di wilayah Kota Batu itu," terangnya.

Miming menambahkan dalam sepekan ke depan, secara umum wilayah Jawa Timur masih akan berpotensi menghadapi cuaca ekstrem.

"Ini tidak hanya terjadi di Malang, tetapi juga beberapa wilayah lain di Jawa Timur," pungkasnya. (antara/mcr17/jpnn)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan hasil analsis penyebab banjir bandang di Kota Batu

Redaktur & Reporter : Febriansyah

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News