Belasan Warga Terseret Banjir Bandang di Batu, Ada yang Hilang

Kamis, 04 November 2021 – 20:44 WIB
Belasan Warga Terseret Banjir Bandang di Batu, Ada yang Hilang - JPNN.com Jatim
Kondisi wilayah terdampak banjir bandang di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Kamis (4/11/2021). (ANTARA/Vicki Febrianto)

jatim.jpnn.com, BATU - Sedikitnya 15 orang hanyut terseret arus banjir bandang di Kota Batu, Kamis (41/11), akibat intensitas hujan tinggi yang mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas di lereng Gunung Arjuno.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim memaparkan jumlah korban itu berdasarkan laporan sementara yang pihaknya terima.

“Empat orang sudah ditemukan, selamat semua. Sedangkan, 11 lainnya belum ditemukan," kata dia.

Berdasarkan laporan visual sementara dari BPBD Kota Batu, arus anak Sungai Brantas yang melintas di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji mengalir deras dengan membawa beberapa material, seperti lumpur, batu, potongan pohon, dan puing bangunan.

Banjir bandang itu pun berdampak pada lima desa di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Rinciannya, Desa Sumber Brantas, Desa Bulu Kerto, Desa Tulung Rejo, Desa Padang Rejo, dan Desa Sidomulyo.

"Kelima desa tersebut dialiri anak Sungai Brantas," ujar Rochim.

Data kerugian materiel sementara meliputi empat kendaraan hanyut dan satu rumah terendam. Adapun data kerugian yang lain masih dalam proses asesmen di lapangan.

Demi mempercepat penanganan banjir bandang tersebut, tim BPBD Kota Batu dibantu lintas instansi terkait, termasuk TNI dan Polri, sudah melakukan koordinasi, kaji cepat, pendataan lebih lanjut, dan menyiapkan lokasi pengungsian.

Sebegini korban yang terseret banjir bandang di Batu pada Kamis (4/11) siang tadi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News