Warga Trenggalek Unjuk Rasa Tolak Tambang Emas, Sebut PT SMN Seperti Maling

Selasa, 26 Oktober 2021 – 08:06 WIB
Warga Trenggalek Unjuk Rasa Tolak Tambang Emas, Sebut PT SMN Seperti Maling - JPNN.com Jatim
Aksi tolak tambang emas di Hotel Hayam Wuruk Trenggalek. ANTARA/HO - Masangga

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - Sekelompok warga yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Trenggalek, Senin (25/10), melakukan unjuk rasa menolak kegiatan penambangan emas oleh PT Sumber Mineral Nusantara (SMN) di Kabupaten Trenggalek.

Demo yang berlangsung di depan Hotel Hayam Wuruk, Trenggalek itu dipicu kabar adanya pertemuan tertutup perwakilan PT SMN di hotel tersebut.

"Kami dapat kabar kalau akan ada pertemuan di hotel. Informasinya mengatakan pertemuan akan berlangsung tiga hari sampai Rabu besok," ujar perwakilan massa aksi, Trigus.

Demo yang berlangsung damai itu bubar usai perwakilan massa bertemu dengan perwakilan hotel yang mengatakan tidak adanya pertemuan yang dimaksud.

Trigus mengaku pihaknya mendapatkan bocoran surat resmi tentang rapat Dishutbun Provinsi Jatim dengan pihak pemerintah daerah di Hotel hayam Wuruk yang akan berlangsung 25-27 Oktober.

"Kami bisa memastikan itu sah. PT SMN itu memang bermain sembunyi-sembunyi, kami sebut seperti maling tingkah lakunya," tegasnya.

Menurut Trigus, aksi serupa akan terus dilakukan oleh pihaknya bersama masyarakat Trenggalek lainnya yang menolak aktivitas tambang.

"Kami tak akan berhenti menolak, menyuarakan tuntutan kalau kami menolak eksploitasi tambang emas dan meminta PT SMN hengkang dari Kabupaten Trenggalek," tandasnya.

Sekelompok warga yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Trenggalek, Senin (25/10), melakukan unjuk rasa menolak kegiatan penambangan emas oleh PT SMN
Sumber Antara