Wali Kota Kediri Berikan Solusi Agar Terhindar dari Jerat Pinjol

Minggu, 24 Oktober 2021 – 00:50 WIB
Wali Kota Kediri Berikan Solusi Agar Terhindar dari Jerat Pinjol - JPNN.com Jatim
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyerahkan bantuan untuk pemilik UMKM yang terdampak COVID-19, Sabtu (23/10/2021). ANTARA Jatim/ HO-Kominfo Kota Kediri

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengharapkan koperasi dapat mencegah warga setempat tergiur dari bujuk rayu rentenir dan pinjaman online (pinjol).

"Seluruh warga Kota Kediri diajak untuk ikut bergabung di koperasi. Kalau mau meminjam uang, di koperasi saja, jangan sampai ke rentenir atau pinjam," kata dia, Sabtu (23/10).

Menurut dia, bila simpan pinjamnya dilakukan di koperasi, keuntungannya bisa diputar untuk kesejahteraan semua anggotanya.

Dia pun mengungkapkan masa pandemi COVID-19 yang menginjak tahun kedua telah mengubah segalanya, termasuk perekonomian Kota Kediri yang sedikit lesu.

Para pelaku ekonomi digandeng untuk bersama-sama kembali menumbuhkan perekonomian setempat dengan tetap mematuhi prokes.

Dia juga berharap Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Kediri dapat terus mengedukasi seluruh pelaku UMKM di daerah itu agar tidak meminjam uang ke rentenir atau pinjol, kendati sangat mudah.

Mas Abu, sapaan akrab wali kota, menilai edukasi itu sekaligus tantangan bagaimana agar koperasi bisa lebih cepat dari rentenir atau pinjol dalam memberikan pinjaman.

Ketua Dekopinda Kota Kediri Firdaus mengutarakan pihaknya adalah wadah dari seluruh gerakan koperasi berbadan hukum di Kota Kediri.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memberikan solusi bagi warga dan pelaku UMKM setempat supaya terhindar dari bujuk rayu pinjol dan rentenir.
Sumber Antara