Berikut Kegiatan Wapres Ma'ruf Amin Saat Berkunjung ke Banyuwangi

Rabu, 20 Oktober 2021 – 21:54 WIB
Berikut Kegiatan Wapres Ma'ruf Amin Saat Berkunjung ke Banyuwangi - JPNN.com Jatim
Wakil Presiden RI Maruf Amin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin bakal mengunjungi Banyuwangi, Kamis (21/10). Dia bakal menyaksikan langsung inovasi pelayanan publik dan UMKM yang dilakukan pemkab setempat.

"Berdasarkan jadwal dari protokol kepresidenan, selama di Banyuwangi, Wapres akan mengunjungi beberapa lokasi," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) setempat, Mujiono, Rabu (20/10).

Pertama, Ma'ruf Amin bakal mengunjungi Lounge Pemkab Banyuwangi guna melihat inovasi tata kelola pemerintahan setempat.

Di sana, Wapres akan disuguhkan data kependudukan dan sistem pengawasan yang semuanya terintegrasi secara digital. Seperti Unit Gawat Darurat (UGD) Kemiskinan yang berisi data warga miskin lengkap dengan jenis program bantuan sosial (bansos) yang telah mereka peroleh secara real time.

Wapres pun melihat program e-village budgeting dan e-monitoring system. Dua program itu adalah sistem penganggaran yang terintegrasi secara daring sebagai upaya meningkatkan akuntabilitas anggaran di desa.

Lewat sistem tersebut, pengawasan program dilakukan melalui sistem lengkap dengan titik koordinat dan gambar perkembangan proyek pembangunan, sehingga menutup celah adanya proyek ganda atau fiktif.

Berikutnya, Wapres juga dijadwalkan mengunjungi Mal Pelayanan Publik (MPP). Di sana, terdapat 24 entitas yang melayani 237 layanan guna mempermudah warga yang hendak mengurus administrasi.

"Setelah dari Mal Pelayanan Publik, Wapres dijadwalkan melihat Rumah Kreatif Banyuwangi," ujar Mujiono, mengutip laman pemkab setempat, Rabu (20/10).

Wapres Ma'ruf Amin bakal mengunjungi Banyuwangi, Kamis (21/10). Berikut kegiatannya selama di sana.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News