Dispendik Surabaya Adakan Kelas Khusus untuk Siswa dengan IQ di Atas Rata-rata

Kamis, 14 Oktober 2021 – 10:00 WIB
Dispendik Surabaya Adakan Kelas Khusus untuk Siswa dengan IQ di Atas Rata-rata - JPNN.com Jatim
Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Supomo (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Pendidikan Kota Surabaya mengadakan program kelas khusus bertajuk "Free Extraordinary You" yang diperuntukkan bagi pelajar SD dan SMP dengan IQ di atas rata-rata.

"Kelas khusus ini akan dimulai pada November 2021. Kami sudah mulai lakukan seleksi pada seluruh pelajar di Surabaya," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Supomo di Surabaya, Rabu (13/10).

Menurut Supomo, seleksi dan tes akan dilakukan secara bertahap. Tes yang akan dilakukan mulai dari Tes Potensi Akademik (TPA) hingga Tes IQ.

Terkait waktu, Supomo memastikan, kalau kelas khusus tersebut tidak akan mengganggu waktu pelajaran normal di sekolah.

"Pelaksanaan kelasnya akan berlangsung di luar jam sekolah. Nantinya, kelas khusus ini bentuknya kecil, nanti akan diisi sekitar 15-20 anak. Semuanya kami bagi dari wilayah Surabaya Utara, Timur dan Barat," tuturnya.

Program kelas khusus "Free Extraordinary You" tersebut, akan diisi oleh pemateri-pemateri handal macam Prof. Yohanes Surya yang merupakan fisikawan Indonesia yang sering ditunjuk membimbing Tim Olimpiade Fisika Indonesia/TOFI.

"Harapannya anak-anak pintar di Kota Surabaya semakin terasah. Jangan sampai ada anak pintar kemudian tidak ada pembinaan," imbuh Supomo

Terkait pelajaran di kelas khusus ini, dia menambahkan nantinya tak hanya fokus pada bidang eksak saja, melainkan juga beberapa bidang lain atau non-eksak yang tentu disesuaikan dengan intelektual para peserta. (antara/mcr17/jpnn)

Dispendik Surabaya mengadakan program kelas khusus bertajuk
Sumber Antara