NU Jatim Sepakat Usung Gus Yahya Sebagai Ketua Umum PBNU

Selasa, 12 Oktober 2021 – 21:00 WIB
NU Jatim Sepakat Usung Gus Yahya Sebagai Ketua Umum PBNU - JPNN.com Jatim
Rapat Pleno Syuriah dan Tanfidzyah PWNU Jatim di Surabaya, Selasa (12/10). (ANTARA Jatim/HO-PWNU Jatim)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim) memutuskan mengusung KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) sebagai calon Ketua Umum Pengurus Besar NU (PBNU) pada Muktamar ke-34 di Lampung, 23-25 Desember 2021.

Wakil Rais PWNU Jatim KH Anwar Iskandar menerangkan keputusan itu ditetapkan melalui rapat pleno gabungan Syuriah dan Tanfidziyah PWNU Jatim.

"PWNU Jatim akan memperjuangkan KH Miftachul Ahyar sebagai Rais Aam PBNU," kata dia, Selasa (12/10).

Rapat pleno gabungan tersebut dipimpin oleh Rais Syuriah PWNU Jatim KH Anwar Mansyur dan dihadiri Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar.

Turut hadir pula Khatib PWNU Jatim KH Syafruddin Syarif dan Wakil Khatib Gus Kautsar, serta jajaran pengurus inti PWNU Jatim lainnya.

Kiai Anwar Iskandar memaparkan keputusan hasil rapat pleno itu didasarkan atas pertimbangan regenerasi kader-kader NU untuk menempati posisi strategis pada struktur tanfidziyah.

"Kami mempunyai kader-kader NU yang sangat potensial seperti Gus Yahya untuk menempati posisi strategis pada struktur tanfidziyah PBNU," ujar dia.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Amien di Kota Kediri itu menegaskan rapat pleno digelar juga untuk memperjuangkan sistem Ahlul Halli wal Aqdi (AHWA) dalam pemilihan Rais Aam.

Sistem AHWA merupakan pemilihan yang memberikan mandat penuh kepada sembilan kiai sepuh yang telah ditentukan secara khusus untuk memilih Rais Aam PBNU.

PWNU Jatim resmi mengusung mengusung KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) sebagai calon Ketua Umum PBNU pada Muktamar ke-34 nanti.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News