Lahan Pertanian Beralih Fungsi, Probolinggo Optimalkan 12 Lumbung Pangan Masyarakat

Senin, 11 Oktober 2021 – 17:30 WIB
Lahan Pertanian Beralih Fungsi, Probolinggo Optimalkan 12 Lumbung Pangan Masyarakat - JPNN.com Jatim
Foto dok. Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin saat membuka kegiatan pembinaan lumbung pangan masyarakat di Kantor DPKPP Kota Probolinggo, Jumat (8/10/2021) (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Probolinggo)

jatim.jpnn.com, PROBOLINGGO - Pemkot Probolinggo punya 12 lumbung pangan masyarakat yang tersebar di lima kecamatan wilayahnya untuk mewujudkan ketahanan pangan di kota setempat.

Plt. Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kota Probolinggo, Aries Santoso memerinci empat lumbung pangan di Kecamatan Kademangan, dua di Kanigaran, empat di Wonoasih.

"Satu lumbung pangan masing-masing di Kecamatan Kedopok dan Mayangan," kata Aries, Senin (11/10).

Dia menerangkan kondisi tersebut sangat penting dalam menjaga ketahanan pangan di tingkat rumah tangga.

Oleh karena itu, pembinaan lumbung pangan masyarakat juga diperlukan untuk meningkatkan volume cadangan pangan kelompok untuk menjamin akses dan kecukupan pangan bagi anggotanya.

"Hal itu juga guna meningkatkan modal kelompok melalui pengembangan usaha ekonomi produktif di bidang pangan," ujar dia.

DPKPP Kota Probolinggo pun sudah menggelar kegiatan pembinaan lumbung pangan masyarakat Kota Probolinggo pada Jumat (8/10) di dinas setempat.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Hadi Zaenal Abidin menyampaikan salah satu aspek penting dalam membangun ketahanan pangan ialah dengan ketersediaan pasokan makanan dalam jumlah dan jenis yang cukup.

Pemkot Probolinggo punya 12 lumbung pangan masyarakat yang tersebar di lima kecamatan wilayahnya untuk mewujudkan ketahanan pangan di kota setempat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News