Jelang Musim Hujan, PT KAI Daop 9 Jember Lakukan Persiapan Berikut

Rabu, 06 Oktober 2021 – 23:40 WIB
Jelang Musim Hujan, PT KAI Daop 9 Jember Lakukan Persiapan Berikut - JPNN.com Jatim
Petugas mengecek sarana dan prasana kereta api di sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi (ANTARA/HO-Humas KAI Daop 9 Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - PT KAI (Persero) Daop 9 Jember melaksanakan pengecekan sarana dan prasarana (sarpras) guna memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api menjelang musim hujan di sepanjang Pasuruan sampai Banyuwangi, yang merupakan wilayah kerja mereka.

"Kami terus melakukan upaya dalam rangka mewujudkan angkutan kereta api yang selamat, aman, nyaman, dan sehat. Salah satunya melalui keandalan sarana dan prasarana perkeretaapian," kata Vice President PT KAI Daop 9 Broer Rizal, Rabu (7/9).

Dia mengatakan pandemi COVID-19 masih berlanjut, namun PT KAI Daop 9 Jember tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi penumpang mulai dari peningkatan prokes, baik di stasiun maupun dalam kereta hingga keamanan dan keselamatan perjalanan.

Sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021, dukungan sarana di Daop 9 Jember terdiri atas delapan lokomotif dan 45 kereta penumpang. Sedang prasarana (jalur KA) mulai dari Stasiun Bangil sampai Stasiun Ketapang di Kabupaten Banyuwangi sepanjang 262,465 kilometer.

"Petugas KAI tetap melakukan perawatan dan pemeriksaan sarpras perkeretaapian secara rutin, walaupun kereta- kereta belum beroperasi secara maksimal selama pandemi," ujar dia.

Dia menjelaskan pemeriksaan jalur KA dari Stasiun Bangil hingga Stasiun Jember dilaksanakan pada 4-5 September 2021.

Sementara dari Stasiun Jember menuju Stasiun Ketapang baru dilakukan sejak Rabu (6/9) itu untuk memastikan hasil pekerjaan perawatan di lintas benar-benar baik sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan yang telah ditentukan.

"Dalam pemeriksaan lintas itu, kami meyakinkan kondisi jalur benar-benar baik, lebar jalur, kondisi bantalan dan juga jembatan," tutur dia.

PT KAI (Persero) Daop 9 Jember melaksanakan pengecekan sarana dan prasarana (sarpras) guna memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan jelang musim hujan
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News