Soal Lapangan Kerja, Raperda Kepemudaan Diminta Segera Disahkan

Rabu, 22 September 2021 – 21:20 WIB
Soal Lapangan Kerja, Raperda Kepemudaan Diminta Segera Disahkan - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - DPRD Surabaya diminta segera mengesahkan Raperda Kepemudaan. Foto: Ricardo/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Perwakilan Kaukus Pemuda Surabaya Himas el Hakim mendorong DPRD setempat agar segera membahas dan mengesahkan Raperda Kepemudaan.

Dia menilai kondisi pandemi COVID-19 maupun tantangan pekerjaan manusia yang diambil alih oleh teknologi harus disikapi dengan berani oleh anak muda.

"Kami mendesak peran serta semua pihak agar lapangan kerja bagi anak muda aman terkendali," kata dia, Rabu (22/9).

Untuk itu, keberadaan Raperda Kepemudaan sangat penting bagi keberlanjutan cipta kerja di kalangan anak-anak muda.

"Itu agar akselerasi kemampuan dan kemandirian anak muda Surabaya didukung oleh kebijakan konkret, bukan hanya khayalan isap jempol semata," ujar dia.

Peneliti sekaligus pengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair) Noven Suprayogi mengutarakan pandemi menuntut adanya percepatan beradaptasi, baik bagi individu, masyarakat, maupun negara.

Hal tersebut juga tidak lepas dari tren perkembangan teknologi yang menurutnya akan menghilangkan beberapa lapangan pekerjaan tradisional, namun sekaligus menciptakan profesi yang benar-benar baru.

"Anak muda harus mampu mempelajari kemampuan dan pengetahuan yang tidak hanya dibutuhkan saat ini, tetapi juga 10-20 tahun ke depan," tutur dia.

DPRD Surabaya diminta segera membahas dan mengesahkan Raperda Kepemudaan yang membahas seputar keberlanjutaan cipta kerja.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News